SMA Negeri 5 Tasikmalaya

Kampus SMAN 5 Tasikmalaya dianggap sangat strategis karena berada di tengah Kota Tasikmalaya. Karena itu sekolah ini banyak diminati oleh para calon siswa sehingga setiap tahunnya pendaftar ke SMAN 5 Tasikmalaya rata-rata di atas 800 calon siswa. Kampus SMA Negeri 5 Tasikmalaya ini memiliki nilai historis yang sangat unik, mengingat sejak awal keberadaannya kampus ini sebagai kampus pendidikan. Mengingat letaknya yang sangat strategis tadi, maka tak heran jika banyak lembaga lain yang ikut menggunakannya.

Berkeunggulan, Berprestasi, Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan

(Pada Tahun 2026 SMAN 5 Tasikmalaya mampu membentuk peserta didik yang unggul dalam berbagai prestasi dengan berlandaskan karakter keagamaan, kebangsaan, profil pelajar pancasila, dan terhadap lingkungan)
  • Menyediakan atau melengkapi fasilitas pembelajaran yang memenuhi standar
  • Meningkatkan profesionalitas pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan
  • Mengoptimalkan peran dan fungsi mgmp dalam rangka meningkatkan profesionalitas pendidik
  • Menumbuh kembangkan kebiasaan menjadi manusia pembelajar
  • Membina secara spesifik berkelanjutan bidang tertentu demi tercapainya prestasi
  • Menumbuhkembangkan kebiasaan berkarakter dengan manajemen keteladanan
  • Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan dengan mengimplementasikan budi pekerti dan pendidikan karakter keagamaan dan kebangsaan dengan  mengintegrasikannya pada setiap  mata pelajaran
  • Melaksanakan pembinaan terhadap warga sekolah mengenai pentingnya manfaat lingkungan hidup serta menanamkan kepedulian untuk melestarikannya.
  • Melaksanakan upaya mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan
  • Melaksanakan kegiatan pembiasaan kepedulian terhadap kebersihan, keindahan, kesehatan, dan kelestarian lingkungan
Tujuan Umum
  • Tersedianya fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan standar sehingga proses pembelajaran berlangsung efektif, produktif dan berkarakter
  • Tersedianya pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional dan berkarakter secara berkelanjutan sehingga proses pembelajaran yang berkualitas bersifat langgeng
  • Terciptanya mgmp yang memiliki peranan mandiri dalam meningkatkan profesionalitas anggotanya tanpa melupakan karakter keagamaan dan kebanggsaan
  • Terkondisikannya pendidik dan tenaga kependidikan yang menjadi teladan dalam berkarakter baik keagamaan maupun kebangsaan bagi peserta didik baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah
  • Terlahirnya peserta didik yang tak pernah berhenti belajar dengan landasan karakter keagamaan dan kebangsaan
  • Terlahirnya berbagai prestasi peserta didik dalam berbagai bidang baik di tingkat lokal, regional, nasional dengan dasar karakter keagamaan dan kebangsaan
  • Peningkatan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dan pencegahan terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan
  • Menciptakan  lingkungan yang bersih, indah, dan sehat
Indikator